Galery

Galery

Kearifan Lokal Dalam Penguatan Pangan Nasional


Salah satu faktor penting yang perlu dijaga dalam suatu negara adalah ketersediaan pangan nasional yang cukup. Ketergantungan pangan nasional hanyalah akan menjadi pencipta suatu kehancuran suatu negara. Agar tidak tercipta ketergantungan pangan nasional terhadap stok pangan dari luar, perlu adanya gerakan kemandirian pangan nasional.

Hal mendasak yang perlu dilakukan diantaranya studi ketersediaan bahan pangan nasional. Selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan rekayasa bahan pangan nasional menjadi suguhan pangan siap saji.

Dengan demikian, maka akan tercipta diversitas ketahanan pangan nasional, tercipta penguatan sistem ekonomi nasional, tercipta tatanan kualitas hidup masyarakat nasional, hingga kemudian terciptanya masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Studi awal diversitas bahan pangan endemik di tiap-tiap daerah, mendesak perlu dilakukan. Studi terdahulu yang relevan tentang hasil olahan pada tanaman pangan endemik juga menjadi hal penting yang tidak dapat ditinggalkan. Terdapat beragam alasan dan pemilihan salah satu bahan tanaman pangan untuk diolah menjadi makanan kemasan.

Pemilihan bahan tanaman pangan untuk menjadi makanan kemasan-pun perlu diperhatikan. Beberapa hal diantaranya; ketersediaan bahan baku di lapangan, kandungan gizi dalam tanaman pangan sesuai standar, keunggulan khasiat kandungan dalam tanaman pangan, mampu menghidupkan kajian relevan dengan kurikulum sekolah di berbagai jenjang, melibatkan dan memanfaatkan pemilik pengetahun dan ketrampilan lokal sebagai pengolahnya, ketersediaan teknologi tepat guna, terbukanya peluang pasar hasil produk olahan, hingga syarat tentang penopang pelestarian jenis varietas tanaman pangan nasional.

Dengan demikian langkah studi yang menghasilkan jenis makanan kemasan jelas-jelas dinantikan, guna menciptakan keseimbangan akan kelestarian tanaman pangan lokal, pengetahuan lokal, sistem ekonomi, dan kualitas hidup masyarakat sekitar.